Selasa, 06 Desember 2011

MANUSIA, ALAM, LINGKUNGAN, ILMU DAN TEKNOLOGI

KONSEP

Berikut ini beberapa konsep tentang manusia, alam, ilmu,teknologi dan lingkungan.Konsep manusia terabaikan dalam tradisi kita, ilmu dalam pengertian sains Merupakan konsepasing,  sebab ilmu lama kuno menurut kita adalah semua sistem rasional. Tekhnologi merupakan salah satu keajaiban dunia modern. Sementara persialan lingkungan berasal dari gerakan-gerakan melestarikan lingkungan di  barat pasca era industrialisasi.
Jika manusia dan alam merupakan poros dalam budaya faktor pembentuk peradaban maka poros ini muncul dalam ilmu dan teknologi serat pengaruh keduanya dakam lingkungan.

MANUSIA
  • Manusia merupakan pihak pertama dalam perimbangan alam, ilmu, teknologi, dan lingkungan.
  • Manusia dilahirkan dengan segala kebesaran yang berasal  dari-Nya. Manusia mengkonsepsikan lainnya sebagai yang ada yang independent, yang tidak mirip dengan siapapun dan yan Esa.
  • Manusia menyembah diri-Nya dalam bentuk manusia paripurna kemudian di refleksikan ke dalam satu individu yaitu penguasa. Sementara warga negara biasa merupakan manusia fana yang muncul bergantian, bodoh, lemah, kehidupan yang sebenarnya adalah setelah meninggal.
  •  Manusia adalah makhluk, maksudnya ia ada dan tidak ada.
  • Manusia itu rapuh, lemah, segalanya berjalan cepat, tidak mampu menangkap zaman, menjalani masa depannya dengan meninggalkan masa kininya. 
  • Manusia mempunyai jiwa tanggungjawab dan amanah yang di embannya secara sadar, tanggungjawab inilah yang merubah kelemahannya menjadi kekuatan yang menjadikannya mampu menerima tantangan.
  • Manusia merupakan pihak pertama dalam semua poros kebudayaan, alam, masyarakat, peradaban dan sejarah.
  • Yang paling utama adalah mewujudkan manusia.
  • Manusia sebagai kompetensi kreatif dalam berfikir dan berseni, kemudian hubungannya di tentukan sebagai dimensi bagi eksistensinya 
ALAM
  • Konsep alam tidak ada dalam konsep kebudayaan nasional kita, mengingat konsep tersebut juga tidak ada dalam tradisi lama kita. Akibatnya kesadaran kita terhadap alam juga tidak ada sebagaimana yang dialami para ilmuwan.
  • Alam bersifat materi sebab Allah bersifat immateri. Alam bersifat finite sementara Allah infinite.
  • Alam diciptakan dari tidak ada dengan berakhir tidak ada.
  • Alam hanya sekedar cermin yang merefleksikan penciptanya.
  • Oleh karena itu system wahyu itu sendiri merupakan sistem rasionalitas dan sistem alam.
  • Sistem akal dan sistem alam merupakan saudara kembar. Dengan menguasai alam dimungkinkan mengandalkann sumber daya masyarakat daripada tergantung pada orang lain dalam memahami alam. Mengeksplorasi isinya dan menyelaraskan kita dengan alam.

    ILMU
    • Ilmu adalah sesuatu yang ditransfer dan selama ini peran kita dalam mentransformasi ilmu menjadi kreasi ilmu masih terbatas sekali.
    • Ada dua kekuatan utama yang hegemonik secara bersama-sama mentransfer ilmu dan informasi. Jika kekuatan itu konservatif, maka yang ditransfer adalah imu-ilmu kuno yang dianggap sakral, tidak boleh di ta’wil atau dirubah. Legalitas kekuasan hanya berasal dari legalitas ilmu kuno.
    • Dualisme sumber transformasi ini sama-sama melestarikan yang lama dengan yang baru sekaligus dengan mensejajarkan dan mengambil nilai positifnya, mempertahankan status quo dan menikmati gejala-gejala kemodernan. Namun dualisme ini tidak menciptakan ilmu, tidak pula ilmuwan.
    • Ilmu bukan kumpulan informasi ataupun jasa, melainkan konsep ilmiah mengenai dunia, kemampuan untuk memfungsikan akal di dalam alam. Ilmu tidak bertujuan untuk mendukung status quo, melainkan melakukan transformasi kearah realitas yang lebih baik.
    • Pengalaman orang terdahulu atau sekarang bukanlah ilmu, melainkan produk ilmiah terhadap dua peradaban di sepanjang generasi.
    •  Ilmu adalah sesuatu yang diciptakan oleh setiap generasi sebagai hasil dari pandangan ilmiah terhadap dunia dan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhannya. Yang dimaksud disini bukan hanya ilmu alam saja, tetapi posisi subyek yang mengetahui terhadap obyek pengetahuan. Agama dapat dikaji dengan sudut pandang ilmiah maksudnya fenomenanya dapat didefinisikan, dikenali hukum-hukumnya, wacana imiah yang cermat dan produktif dapat dirumuskan, bukan hanya mengekspresikan angan-angan dan keinginan.
    • Al-qur’an menyebutkan kata “ilmu” sekitar 800 kali dengan mengkaitkan kepada kata ganti. Ilmu merupakan substansi agama. Agama dan ilmu merupakan pengetahuan yang terpisah. Agama, ilmu dan filsafat adalah satu. Sebab, sistem wahyu, system realitas dan system nalar merupakan sistem yang sama.
    • Karateristik peradaban islam yang membedakan dengan perdaban lain-lainnya dimana terjadi pertarungan antara ilmu dan agama, filsafat dan agama, filsafat dan ilmu.

    TEKNOLOGI
    • Teknologi merupakan aplikasi ilmu teoritis untuk dipergunakan demi kepentingan umum.
    • Macam-macam teknologi:Teknologi konservatif, Teknologi yang mengalami perekembangan, Teknologi progesif yang sesuai dengan potensi kreatifitas dalam mengaplikasikan ilmu dari sisi kemudahan, kecakapan dan kecilnya volume temuan.
    • Semakin mudah cakap, dan kecil suatu temuan, maka semakin cepat beredar, mudah dibawa dan mudah dipakai. Pengembangan teknologi telah menjadi ilmu independent untuk semakin memperbanyak tingkat 
    • Alat tidak hanya berada dalam layanan semua orang, “bahkan alat telah menjadi pengganti semua orang.” Teknologi dipergunakan untuk menyediakan layanan umum dalam pendidikan, kesehatan, media komunikasi, eksplorasi, sumber daya alam dan sesuatu yang masih misteri.
    • Teknologi didasarkan pada konsep-konsep yang terkandung didalamnya, yang ikut tertransfer bersama teknologi tersebut dimana yang hegemonic sebenarnya konsep tersebut, transfer teknologi dari masyarakat maju ke masyarakat berkembang menjadi salah satu fenomena hegemonic baru pasca kolonialis.
    • Fungsi teknologi adalah menancapkan hegemoni sentral atas daerah, sentralitas kreatifitas atas daerah yang konsumerisme. Sehingga, masyarakat yang baru saja merdeka berubah menjadi semakin tergantung pada pejajah kuno yang kembali mengulurkan di era embangunan pasca kolonialisme. Maka, masyarakat berubah menjadi alat computer, manusia berhadapan dengan alat bukan dengan sesama warga Negara.
    LINGKUNGAN
    • Lingkungan adalah kosep barat tersebar di literature barat pasca revolusi I dan II.
    • Persoalan-persoalan yang berkaitan dengan masyarakat industri adalah Pencemaran lingkungan karena layanan umum tindak sempurna. Saluran air yang tersumbat, air tercemar,debu,kotoran dalam lorong dan perkampungan,penyakit menular dsb..
    • Pencemaran dalam masyarakat indrustri bersifat kimiawi,sementara dalam masyarakat tradisional bersfat organik.
    • Pandangan manusia terhadap alam bisa negatif yang memungkinkannya pencemaran,dan kadang kala positif yang memunculkan pelestarian alam.
    • Nilai alam terkandung dalam dirinya.

    Tidak ada komentar: